Ketik Yang Anda Cari...

Thursday 4 September 2014

Penyakit Ebola Virus Dan Cara Menangani



Fakta-fakta penting

  • Penyakit ebola virus (EVD), sebelumnya dikenal sebagai demam berdarah Ebola, 
  • Wabah EVD memiliki tingkat kematian kasus hingga 90%.
  • Wabah EVD terjadi terutama di desa-desa terpencil di Afrika Tengah dan Barat, dekat hutan hujan tropis.
  • Virus ini berasal dari hewan liar  dan menyebar dalam populasi manusia melalui penularan dari manusia ke manusia.
  • Kelelawar buah Pteropodidae  dianggap menjadiawal mula munculnya virus Ebola.
  • Pasien yang terkena EVD membutuhkan perawatan intensif. belum ada pengobatan khusus atau vaksin tersedia untuk menangani penyakit ini.

Ebola pertama kali muncul pada tahun 1976, di Nzara, Sudan, dan di Yambuku, Republik Demokratik Kongo. Yang terakhir adalah di sebuah desa yang terletak di dekat Sungai Ebola, dimana penyakit ini diberi nama desa tersebut.
Genus Ebolavirus adalah 1 dari 3 anggota Filoviridae (Filovirus), bersama dengan genus Marburgvirus dan genus Cuevavirus. Genus Ebolavirus terdiri 5 spesies yang berbeda:
  • Bundibugyo Ebolavirus (BDBV)
  • Zaire Ebolavirus (EBOV)
  • Reston Ebolavirus (RESTV)
  • Sudan Ebolavirus (SUDV)
  • TAI Forest Ebolavirus (TAFV).
BDBV, EBOV, dan SUDV telah dikaitkan dengan wabah EVD besar di Afrika, sedangkan RESTV dan TAFV belum. Spesies RESTV, ditemukan di Filipina dan Republik Rakyat Cina, dapat menginfeksi manusia, tapi tidak ada penyakit atau kematian pada manusia dari spesies ini telah dilaporkan sampai saat ini.

Transmisi

Ebola masuk ke dalam populasi manusia melalui kontak dekat dengan darah, sekresi, organ atau cairan tubuh lainnya dari hewan yang terinfeksi. Di Afrika, simpanse, gorila, kalong, monyet, kijang hutan dan landak  yang terinfeksi ditemukan sakit atau mati atau di hutan hujan.
Ebola kemudian menyebar di masyarakat melalui manusia ke manusia , dengan infeksi akibat kontak langsung (melalui kulit rusak atau selaput lendir) dengan darah, sekresi, organ atau cairan tubuh lain dari orang yang terinfeksi, dan kontak tidak langsung dengan lingkungan yang terkontaminasi dengan cairan tersebut. Upacara pemakaman di mana pelayat memiliki kontak langsung dengan tubuh orang yang meninggal juga dapat berperan dalam transmisi Ebola. Pria yang telah sembuh dari penyakit ini masih bisa menularkan virus melalui air mani hingga 7 minggu setelah sembuh dari penyakit.
Petugas kesehatan telah sering terinfeksi saat merawat pasien yang diduga atau dikonfirmasi EVD. Hal ini terjadi melalui kontak dekat dengan pasien ketika tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi yang tidak ketat, 
RESTV kurang mampu menyebabkan penyakit pada manusia daripada spesies Ebola lainnya.

Tanda dan gejala

EVD adalah penyakit virus akut yang parah sering ditandai oleh demam mendadak,  nyeri otot, sakit kepala dan sakit tenggorokan. Ini diikuti dengan muntah, diare, gangguan fungsi ginjal dan hati, dan dalam beberapa kasus, baik perdarahan internal dan eksternal. beberapa penelitian Laboratorium menemulan sel darah dan trombosit jumlah putih yang rendah dan peningkatan enzim hati.
Pasien dapat menularkan EVD selama darah dan sekresi mereka mengandung virus.
Masa inkubasi, yaitu, interval waktu dari infeksi dengan virus untuk timbulnya gejala, adalah 2-21 hari.

Diagnosis

Penyakit lain yang harus disingkirkan sebelum diagnosis EVD dapat diakdakan antara lain: malaria, demam tifoid, shigellosis, kolera, leptospirosis, pes, rickettsiosis, meningitis, hepatitis dan virus demam berdarah lainnya.
Infeksi virus Ebola dapat didiagnosis di laboratorium melalui beberapa jenis tes:
  • antibodi-capture enzyme-linked Immunosorbent Assay (ELISA)
  • tes deteksi antigen
  • uji netralisasi serum
  • Reverse transcriptase polymerase chain reaction (RT-PCR) assay
  • mikroskop elektron
  • isolasi virus dengan kultur sel.

Vaksin dan pengobatan

Tidak ada vaksin berlisensi untuk EVD tersedia. Beberapa vaksin sedang diuji, tetapi tidak ada yang tersedia untuk penggunaan klinis.
Pasien sakit membutuhkan perawatan intensif. Pasien sering mengalami dehidrasi dan membutuhkan larutan yang mengandung elektrolit atau cairan intravena.
Tidak ada pengobatan khusus yang tersedia. Terapi obat baru sedang dievaluasi.

Awal mula virus Ebola

Di Afrika, kelelawar buah, terutama spesies dari genus Hypsignathus monstrosus, Epomops franqueti dan torquata Myonycteris , dianggap mungkin host alami untuk virus Ebola. Akibatnya, distribusi geografis dari virus Ebola yang mungkin saling tertular dengan berbagai kelelawar buah.

Virus Ebola pada hewan

Meskipun primata non-manusia telah menjadi awal infeksi bagi manusia, mereka tidak dianggap sebagai awal mula EVD berasal melainkan tidak disengaja seperti manusia. Sejak tahun 1994, wabah Ebola dari spesies EBOV dan TAFV telah diamati pada simpanse dan gorila.
RESTV telah menyebabkan wabah EVD parah pada kera (Macaca fascicularis) di Filipina dan terdeteksi pada monyet yang diimpor ke Amerika Serikat pada tahun 1989, 1990 dan 1996, dan pada monyet yang diimpor ke Italia dari Filipina pada tahun 1992.
Sejak 2008, virus RESTV telah terdeteksi selama beberapa wabah penyakit yang mematikan pada babi di Republik Rakyat Cina dan Filipina. Gejala infeksi pada babi telah dilaporkan dan inokulasi eksperimental telah menunjukkan bahwa RESTV tidak bisa menyebabkan penyakit pada babi.

Pencegahan dan kontrol

Mengontrol Reston Ebolavirus pada hewan domestik
Tidak ada vaksin hewan terhadap RESTV tersedia. Pembersihan rutin pada peternakan babi atau monyet(dengan sodium hypochlorite atau deterjen lainnya) harus rutinuntuk menonaktifkan virus.
Jika wabah terdeteksi, tempat harus dikarantina segera. Hewan yang terinfeksi dimusnahkan, dengan pengawasan yang ketat dari penguburan atau pembakaran bangkai, Hal itu sangat diperlukan untuk mengurangi risiko penularan dari hewan ke manusia. Membatasi atau memberhentikan tertularnya EVD pada hewan peternakan yang terinfeksi ke daerah lain.
Sepertinya wabah RESTV pada babi dan monyet telah dahulu muncul dari pada infeksi pada manusia.
Mengurangi risiko infeksi Ebola pada manusia
Dengan tidak adanya pengobatan yang efektif dan vaksin manusia, meningkatkan kesadaran akan faktor risiko untuk infeksi Ebola dan upaya perlindungan individu adalah satu-satunya cara untuk mengurangi infeksi pada manusia dan kematian.
Di Afrika, selama wabah EVD, pendidikan pesan kesehatan masyarakat untuk pengurangan risiko harus fokus pada beberapa faktor:
  • Mengurangi risiko penularan satwa liar ke manusia dari kontak dengan buah yang terinfeksi dari kelelawar atau monyet / kera dan mengonsumsi daging mentah mereka. Hewan harus ditangani dengan sarung tangan dan pakaian pelindung yang sesuai lainnya. Produk-produk hewani (darah dan daging) harus dimasak dengan matang sebelum dikonsumsi.
  • Mengurangi risiko penularan dari manusia ke manusia di masyarakat yang timbul dari kontak langsung atau dekat dengan pasien yang terinfeksi, terutama dengan cairan tubuh mereka. Kontak fisik yang dekat dengan pasien Ebola harus dihindari.Sarung tangan dan alat pelindung diri yang sesuai harus dipakai saat merawat pasien yang sakit di rumah. Mencuci tangan secara teratur diperlukan setelah mengunjungi pasien di rumah sakit, serta setelah merawat pasien di rumah.
  • Masyarakat yang terkena dampak Ebola harus menginformasikan penduduk tentang sifat penyakit dan tentang langkah-langkah penahanan wabah, termasuk pemakaman orang mati. Orang-orang yang telah meninggal karena Ebola harus segera dimakamkan.

Respon WHO

WHO memberikan keahlian dan dokumentasi untuk mendukung investigasi dan pengendalian penyakit.
Rekomendasi untuk pengendalian infeksi saat memberikan perawatan kepada pasien yang diduga atau dikonfirmasi terkena Ebola demam berdarah disediakan dalam: Interim rekomendasi pencegahan dan pengendalian infeksi untuk perawatan pasien yang diduga atau dikonfirmasiInterim infection control recommendations for care of patients with suspected or confirmed Filovirus (Ebola, Marburg) haemorrhagic fever, March 2008.Dokumen ini saat ini sedang diperbarui .

Tabel: Kronologi Ebola wabah penyakit virus sebelumnya

YearCountryEbolavirus speciesCasesDeathsCase fatality
2012Democratic Republic of CongoBundibugyo572951%
2012UgandaSudan7457%
2012UgandaSudan241771%
2011UgandaSudan11100%
2008Democratic Republic of CongoZaire321444%
2007UgandaBundibugyo1493725%
2007Democratic Republic of CongoZaire26418771%
2005CongoZaire121083%
2004SudanSudan17741%
2003 (Nov-Dec)CongoZaire352983%
2003 (Jan-Apr)CongoZaire14312890%
2001-2002CongoZaire594475%
2001-2002GabonZaire655382%
2000UgandaSudan42522453%
1996South Africa (ex-Gabon)Zaire11100%
1996 (Jul-Dec)GabonZaire604575%
1996 (Jan-Apr)GabonZaire312168%
1995Democratic Republic of CongoZaire31525481%
1994Cote d'IvoireTaï Forest100%
1994GabonZaire523160%
1979SudanSudan342265%
1977Democratic Republic of CongoZaire11100%
1976SudanSudan28415153%
1976Democratic Republic of CongoZaire31828088%

Ditulis Oleh : Ilham Rifky // 17:24
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment