Ketik Yang Anda Cari...

Friday 23 May 2014

Jamur penyebab zombie

Setelah semut terkena spora dari jamur Ophiocordyceps unilateralis, Disaat itu juga semut mulai kehilangan sadarnya karena spora sudah mulai menginfeksi otak semut tersebut. Disaat otak semut sudah dikuasai sepenuhnya, semut akan pergi tempat tertingi dimana spora mematikan tersebut dapat meraihnya di jarak yang paling jauh. 

Ketika sudah sampai di tempat yang dituju semut akan menggigit batang didekatnya agar dia dapat berdiam diri di tempat tersebut dan semut akan mati perlahan. Disaat semut sudah mati, jamur mulai menumbuhkan spora barunya di semut tersebut dan kejadian ini berulang terus menerus.

Berikut ini adalah video dari yang menunjukkan satu semut malang (Paraponera clavata) yang terkena spora tersebut. Proses dalam video ini memakan waktu hingga 3 minggu.
<

Bukan hanya semut saja, tetapi terdapat jenis jenis jamur yang lainnya yang dapat membuat jenis hewan lainnya terinfeksi seperti zombie.

Mungkin saat ini spora ini tidak bisa mempengaruhi kita karena tubuh kita masih terlalu kuat tapi ada kemungkinan kalau mereka berevolusi menjadi semakin kuat di tahun - tahun yang akan datang.

Ditulis Oleh : Ilham Rifky // 20:07
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment